Friday 24 April 2015

Air Terjun Katasa

 Air Terjun Katasa

Satu lagi objek  wisata potensial di Simalungun yang belum dikelola dengan baik, Air terjun katasa. Dijuluki air terjun kembar, karena dua aliran sungai, sungai balah dan sungai turunan jatuh di tempat yang sama. Air terjun katasa yang eksotis berada tepat di bawah jembatan Muntik, jembatan heritage peninggalan zaman belanda setinggi 80 meter tanpa ada sekat pembatas di sisi kanan dan kirinya. Jembatan ini menghubungkan Nagori Turunan dengan Nagori Bayu Gagasan, dan satu-satunya akses jalan yang bisa digunakan.

Jembatan Muntik




Jembatan Muntik, Tanpa Sekat pembatas di sisi kanan dan kiri


Pesona keindahan  air terjun kembar dan jembatan heritage peninggalan Belanda ini memberikan keunikan dan daya tarik tersendiri sebagai alternatif objek wisata di Kabupaten Simalungun. Selain itu di sini juga tumbuh beberapa jenis tumbuhan yang jarang di temukan di daerah lain, seperti bunga bangkai dan buah O. Buah O berwana oranye dan rasanya manis, tetapi setelah memakan buah ini kita akan merasakan lidah kita getir selama satu jam.
 Buah O, berwarna oranye

Air terjun Katasa berada di Nagori Bayu Gagasan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia. Sama seperti Air Terjun Mamabu, untuk menuju Katasa kita harus melewati perkebunan kelapa sawit, malah lebih sulit karena masuk sampai ke ujung perkebunan, dan banyak sekali persimpangan yang harus dilalui. Disarankan bagi yang belum pernah kesini untuk menggunakan jasa guide yang paham tempat ini.

Keunikan lain dari objek wisata ini adalah pasir putihnya yang seperti membentuk pulau kecil, seolah kita sedang berlibur di tepi pantai. Posisi "pulau" ini dapat berpindah-pindah tergantung debit air yang mengalir. Katasa juga sangat bersih dari sampah, dan mari selalu kita jaga kebersihan dan kelestariannya.



Ayo nikmati Mamabu and Katasa Waterfall bersama King Adventure, Klik DI SINI

No comments:

Post a Comment